Cara Membuat Bracket Dengan AutoCad


"Bracket"

Cara Membuat Bracket Dengan AutoCad

Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat bracket dengan Autocad. Dari sini kita akan belajar bagaimana cara menggunakan menu extrude, menggunakan substract, menggunakan union, serta untuk 2D nya kita akan belajar menu region, trim, rectangle, line, new ucs.
Untuk pertama kita persiapkan AutoCad software nya lalu klik new drawing. Jika sudah siap semua mari kita mulai designnya.
Klik rectangle untuk membuat persegi yang ukurannya 96 x 60 mm, dengan cara klik menu rectangle lalu klik area drawing dan masukan ukurannya 96,60 maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
"Rectangle 96,60"


Selanjutnya anda klik Extrude lalu klik garis rectangle lalu enter dan masukan ukuran extrudenya yaitu 8. Dan menjadi seperti di gambar bawah ini.
"Extrude 8"
Selanjutnya kita akan membuat rectangle lagi diatas extrude yang telah jadi sebelum itu kita buat dulu garis untuk mengambil titik point awal rectangle, dengan cara klik menu line lalu klik sudut dari perseginya lalu ketik @0,-10 (Mungkin bingung kenapa @0,-10 kenapa tidak @10,0 jawabannya coba liat UCS nya di gambar atas, UCS diatas menjadi patokan kita untuk menentukan minus atau plus garis yang akan kita buat, karna kita akan membuat garis sejajar dengan sumbu Y dan arahnya berlawanan dari arah Y pada UCS maka kita memberi nilai minus sedangkan X nya 0). Lihat gambar dibawah ini.
"Line 10mm"
 Selanjutnya kita klik rectangle, dan klik ujung dari garis yang baru kita buat dan masukan masukan ukurannya yaitu ketik @40,12 lalu enter (Untuk menentukan plus atau minusnya lihatlah UCS saat kita membuat rectangle). Untuk hasilnya lihat gambar diatas.
"Rec 40,12"

Dan hapuslah garis 10,0 yang tadi kita buat. Selanjutnya klik extrude lalu klik sketch yang akan diextrude lalu enter dan masukan ukurannya 80 (80mm). Dan hasilnya seperti dibawah ini.

"Extrude 80"
Selanjutnya kita akan mengextrude lagi tapi sebelum itu kita akan buat sketch/profilenya terlebih dahulu.
Pertama kita rubah arah UCS nya dahulu dengan cara masuk ke menu TOOLS lalu New UCS pilih yang Face. Lihat gambar dibawah.
"Face New UCS"
Selanjutnya klik bagian belakang extrude yang barusan kita buat. Lihat gambar.
"Pilihan New UCS"
Ketika kita pilih bagian/face yang kita jadikan patokan UCS, akan ada tampilan seperti gambar diatas maksudnya :
Accept : Jika anda pilih accept berarti anda setuju dengan UCS yang tampil digambar atas.
Next : Jika anda pilih next berarti anda tidak setuju dengan pilihan face nya dan akan terus menunjukan face selanjutnya.
Xflip : Jika anda memilih Xflip maka UCS akan berputar/bergerak dan sumbu x akan diam dan akan menjadi sumbu putar.
Yflip : Jika anda memilih Yflip maka UCS akan berputar/bergerak dan sumbu y akan diam dan akan menjadi sumbu putar.
Karna kita belum setuju dengan arah UCS nya maka klik Xflip 1X dan UCS akan berubah lalu klik accpet 1X dan menjadi seperti gambar dibawah.
"New UCS"
Selanjutnya klik Line lalu klik Midpoint untuk awal garis pada ujung extrude yang terakhir. Lihat gambar dibawah.
"Midpoint"
Selanjutnya ketik ukurannya @0,-10 lalu ketik lagi @6,0 lalu esc/enter (perhatikan arah UCS kadang ketika klik midpoint arah UCS akan berubah jadi untuk minus atau plus ukurannya disesuaikan)   kalau sudah akan tampak gambar seperti ini.
"Garis Bantu"
Setelah kita membuat garis bantu selanjutnya klik Rectangle lalu klik ujung garis bantu yang barusan kita buat. dan masukan ukurannya @-12,-60 (Sesuaikan arah UCS untuk plus minusnya jika UCS berubah). Selanjutnya hapus garis yang kita buat. Maka jadi seperti gambar dibawah ini.
"Rectangle 3"
Selanjutnya kita buat Cyrcle / lingkaran dengan titik centernya garis rectangle yang atasdan bawah/garis garis lebar rectangle. Lihat gambar dibawah.
"Midpoint 1"
"Midpoint 2"
Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.
"Cyrcle Untuk Sketch"
Selanjutnya trim garis garis tersebut dengan cara klik trim lalu ketik ALL dan enter 2X. Dan Hasilnya seperti dibawah ini.
"Sketch"

Setelah kita membuat sketch, sekarang kita region garis garis sketch yang tadi kita buat, tujuannya supaya garisnya menyatu dan bisa kita extrude. Caranya klik menu Region lalu klik semua garis garis sketch yang kita buat lalu tekan enter 1X. Dan hasilnya seperti dibawah ini.
"Region Sketch"

Selanjutnya kita Extrude sketch di atas. Klik extrude lalu klik sketch yang telah kita buat dan enter arahkan kursor kedalam body atau ke arah Z lalu masukan ukurannya (untuk extrude yang akan kita buat ini masukan ukurannya minimal 12mm karena kita akan mensubtrack bagian itu sehingga berlubang).
Dan hasilnya untuk lebih jelasnya anda bisa klik Conceptual visual style, seperti dibawah ini.

"Conceptual visual style"
Gambar diatas terlihat jelas bahwa ada part yang menimpah part bracket. Selanjunya kita akan Subtract part yang barusan kita extrude dengan cara klik Subtract lalu klik part bracket dan enter dan klik lagi part extrude lalu enter. Lihat gambar dibawah.
"Lankah Langkah Subtract"
Dan hasil dari subtract seperti gambar dibawah ini.

"Hasil Subtract"
Untuk langkah selanjutnya kita akan membuat hole/lubang. Untuk itu lebih baiknya kita aktifkan 2D Wireframe dengan klik iconnya. Setelah itu kita rubah UCS nya terlebih dahulu dengan cara klik Tools lalu pilih New UCS lalu pilih Face dan selanjutnya klik atas dari part bawah (Extrude yang pertama). lihat gambar dibawah.
"New UCS face"
Selanjutnya klik accept karena arah UCS sudah sesuai. Lalu klik Line untuk membuat garis bantu. Caranya klik menu Line lalu klik sudut yang berada pada titik 0 sumbu XYZ. Lalu ketik @9,10 lalu enter.Lihat gambar dibawah.
"Garis Bantu 2"
Selanjutnya klik Cyrcle dan klik ujung garis yang barusan kita buat dan masukan ukurannya 8.8 (8,8mm) lalu enter. Selanjutnya silahkan hapus garis bantunya (@9,10). Lihat hasilnya di gambar bawah.
"Cyrcle Sketch"
Selanjutnya klik menu Mirror lalu klik lingkarannya dan enter 1X selanjutnya klik Midpoint dari part bagian bawah sebagai Mirrornya lalu klik Midpoint yang kedua lalu enter 1X. Lihat gambar dibawah.
"Midpoint 1"
"Midpoint 2"
Setelah kita klik Midpoint yang kedua kita akan mendapatkan pertanyaan Erase source objects? [Yes/No] <N>: Yang artinya apakah anda ingin menghapus sumber object/object yang dijadikan mirror. Jika anda langsung enter maka anda menjawab NO karena yang didalam kurung huruf N <N>. Jika anda ingin menghaous object yang di mirror silahkan anda ketik Y lalu enter 1X. Lebih jelasnya anda lihat di kotak dialog.
"Pilihan Mirror"
Karena kita tidak menghapus sumber object/object yang di mirror maka kita langsung enter. Dan hasilnya seperti gambar dibawah.
"Hasil Mirror"

Setelah itu kita akan extrude lingkaran yang barusan saja kita buat. Caranya klik Extrude lalu klik 2 lingkaran sketch lalu enter 1X dan masukan ukurannya yaitu 8. Karena arah sumbu Z keatas sedangkan kita akan mengextrude ke arah bawah maka kita ketik -8 lalu enter 1X. Dan hasilnya lihat gambar dibawah.

"Hasil Extrude 2 Lingkaran"
Selanjutnya kita akan Subtract lingkaran yang baru kita extrude. Caranya klik Subtract lalu klik body bracket lalu enter 1X dan klik lingkaran 1 lalu enter 1X selanjutnya klik lagi Subtract lalu klik body bracket lalu enter dan klik lingkaran 2 lalu enter 1X. Hasilnya gambar dibawah ini. (Lebih baiknya kita klik Conceptual Visual Style)

"Hasil Subtract"
  Setelah itu kita gunakan Union untuk menggabungkan 2 extrude yang tadi kita telah buat (extrude 8mm dan extrude 80mm). Karna dalam AutoCad jika membuat 2 atau lebih sketch/profile maka hasilnya tidak bisa menyatu kecuali kita yang menyatukan dengan cara menggunakan Union. Klik menu Union lalu klik object pertama dan enter lalu klik lagi object kedua lalu enter kembali maka 2 object telah menjadi satu. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah langkah di gambar bawah ini.
"Langkah Langkah Union Dan Hasilnya"
Selanjutnya anda akan membuat lubang/hole diatas part. Sebelumnya kita buat garis bantu dahulu yaitu klik Line lalu klik Midpoint ke Midpoint maka hasilnya seperti dibawah ini.
"Garis Bantu"
Selanjutnya klik Cyrcle lalu klik Midpoint garis bantu yang barusan kita buat lalu masukan ukuran lingkarannya yaitu 6.8 (6,8mm) lalu enter. Dan kita hapus garis bantunya. Hasilnya seperti ini.
"Cyrcle Sketch"


 
Langkah selanjutnya kita extrude lingkarannya. Caranya klik Extrude lalu klik lingkarannya lalu masukan ukurannya 6 (karena kita akan mensubtract dalam langkah selanjutnya maka kita kasih ukuran diatas 4mm maka kita kasih ukuran 6mm). Lalu enter 1X. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.
"Hasil Dari Extrude Cyrcle"
Selanjutnya kita subtract supaya yang barusan kita extrude berlubang. Caranya klik subtract lalu klik body bracket lalu enter 1X dan klik lingkaran yang barusan kita extrude lalu enter 1X. Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.
"Hasil Subtract"
Dan pada tahap akhir kita akan membuat finishing untuk part ini yaitu kita akan membuat champer dan fillet pada gambar bracket ini. Untuk mempermudah dalam memfillet atau menchamfer supaya kita bisa jelas garis mana yang kita akan fillet maka kita akan rubah sudut pandang bracketnya yaitu:
Silahkan klik SE Isometric pada toolbar anda lalu bracket akan tampak seperti ini.
"SE Isomatric"
Pertama kita akan menfillet caranya klik menu Fillet pada menu toolbar lalu klik sudut/garis yang akan difillet lalu masukan ukuran radius fillet yaitu 3 lalu tekan enter.
 Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.
"Sudut/Garis Yang Akan Difillet"
"Hasil Fillet"

Selanjutnya kita akan menchamfer sudut yang atas, pertama klik menu Chamfer dan akan tampil menu pilihan di kotak dialog seperti ini.
"Kotak Dialog Chamfer"
terdapat beberapa pilihan yaitu Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple. Jika anda ingin memilih salah satu dari cara tersebut anda hanya mengetik huruf besar dari nama pilihan itu. Contohnya karena kita akan menggunakan cara Distance maka kita ketik D lalu enter masukan ukurannya yaitu 5 lalu masukan lagu ukurannya lagi yaitu 5 dan enter lalu klik garis/sudutnya lalu enter 2X lalu klik sudut lagi lalu enter 1X.
"Sudut/Garis Yang Akan Dichamfer"
Untuk melihat hasil yang jelas silahkan klik menu Free Orbit pada menu Orbit lalu silahkan putar part bracket dengan cara klik part bracket lalu tahan dan putar sesuai posisi yang anda inginkan. Lihat gambar dibawah hasil dari gambar bracket.
"Hasil Akhir Dari Gambar Bracket"
Demikian tutorial dari saya nantikan tutorial selanjutnya.

VIDEO CARA MEMBUAT BRACKET DENGAN AUTOCAD





Popular posts from this blog

Pengenalan SolidWorks

Pengenalan Auto Cad

Cara Membuat Gear Dengan SolidWorks