Pengenalan Auto Cad - Kursus CAD

Design Your Dream Here !!

Thursday, 23 April 2015

Pengenalan Auto Cad

Pengenalan AutoCad


CAD adalah Computer Aided Design. Berarti merancang atau mendesign suatu benda atau model dengan komputer. Salah satu software yang dibidang design yaitu AutoCad. Sebenarnya banyak sekali macam macam software design untuk engineering yang digunakan di dunia industri saat ini. Akan tetapi auto cad punya keunggulan unggulan yang di sediakan autocad sehingga banyak industri yang masih menggunakan autocad untuk membantu kerja mereka. Autocad adalah software design yang bisa mendesign model 2D dan 3D. Akan tetapi saat ini banyak yang menggunakan software software yang lain untuk mendesign 3D karna fitur fitur yang lebih mudah ditawarkan oleh software software 3D lainnya seperti Mechanical dekstop, Inventor, Catia, Solid Work, dan lain lain.

Elemen Elemen Dalam AutoCAD

"Gambar Penjelasan elemen elemen autocad"
  • Tool Bar

Tool Bar adalah macam macam tools yang berisikan perintah perintah AUTOCAD untuk digunakan secara tepat. Untuk memanggil perintah baik untuk penggambaran, pengeditan atau penyetingan, anda dapat mengklik pada menu tool bar sesuai tujuan anda.

  • Drawing Area

adalah daerah tempat kerja dalam penggambaran dan pengeditan design anda.

  • UCS Icon

adalah simbol yang mmenunjukan arah sumbu koordinat dalam penggambaran anda. Dalam penggambaran 2D sumbu X kearah kanan bernilai positif dan kearah kiri bernilai negatif. Begitu juga dalam sumbu Y kearah atas bernilai positif dan kearah kiri bernilai negatif. Sedangkan dalam 3D terdapat sumbu satu lagi yaitu sumbu Z dan memiliki nilai positif dan negatif.

  • Command Line

Adalah baris perintah autocad, dimana dalam command line ini anda bisa memasukan perintah perintah yang kalian inginkan dengan mengetik didalam colum command line, seperti LINE, ERASE, CIRCLE dan lain lain. Didalam command line anda juga bisa mengetahui penjelasan penjelasan tentang perintah perintah yang kalian gunakan.

Tools Bar Dasar Dan Penggunaanya

"Gambar Tools Bar Dasar"
  • Line 
Adalah tool untuk memanggil perintah garis garis lurus atau bersudut yang sesuai keinginan kita. Caranya kita bisa mengklik tool LINE pada tool bar atau ketik LINE pada ruang command line.

Rumus pertama yaitu : @Panjang,lebar / @x,y contohnya :
ketik:@40,0 berarti panjang X = 40 mm dan lebar Y = 0 mm

"Gambar perintah line dengan panjang x = 40mm"
Rumus kedua yaitu : @Panjang<sudut / @x<30 contohnya :
ketik:@40<30 berarti panjang  X = 40 mm dan sudutnya 30 derajat.

"Gambar perintah line dengan panjang 40 dan sudut 30 derajat"
  • Rectangle
Adalah tool yang memanggil perintah berbentuk persegi yang beraturan. Caranya dengan klik tool rectangle pada tool bar lalu ketik @x,y sebagai nilai panjang dan lebarnya.
contoh : @40,40 berarti panjang 40 dan lebar 40.

"Gambar menggunakan perintah rectangle 40,40"
  • Circle
Adalah tool yang akan memanggil perintah membuat lingkaran dengan diameter atau radius sesuai yang kita inginkan. Caranya klik tool circle pada menu toolbar dan klik ke drawing area lalu anda bisa memilih memberi ukuran dengan diameter atau radius dengan cara ketik d atau r lalu enter, terus ketik ukurannya.
"Gambar menggunakan perintah cycle diameter 40"
  • Arc
Adalah tool yang memanggil perintah membuat busur yang tidak beraturan dalam penggambaran anda.
Cara pertama :
command : Arc
Specify start point of arc or [center]: (klik1x)
Specify center point of arc or [center/end]: (klik 2x)
Specify end point of arc: (Klik 3x)

Cara kedua :
Specify start point of arc or [center]: c
Specify center point of arc: klik 1x
Specify start point of arc: klik 2x
Specify end point of arc [Angle/chord lenght]: klik x