Tutorial Drawing Rod Cover - Kursus CAD

Design Your Dream Here !!

Monday, 27 April 2015

Tutorial Drawing Rod Cover

Tutorial Drawing Rod Cover Dengan SolidWorks

"Drawing Rod Cover"
Sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara membuat drawing dengan SolidWorks. Kita akan membuat drawing untuk rod cover yang sebelumnya kita buat tutorial modelnya.

Langkah pertama silahkan klik New dan akan keluar tampilan dibawah ini.

"New SolidWorks Documents"
Pilih Drawing lalu akan ada tampilan pilihan seperti gambar dibawah ini.

"Sheet Format"
Jika anda memiliki sheet sendiri anda bisa memanggilnya untuk digunakan disini yaitu dengan cara klik browse dan pilih sheet anda. Jika tidak punya silahkan anda pilih sheet yang telah disediakan oleh SolidWorks. Pilih salah satu sheet yang anda inginkan, disini saya akan memilih sheet untuk A4 (ISO) lalu klik OK. Maka tampilannya akan seperti ini.
"Sheet A4 Potrait"
Untuk lebih baiknya anda buka file part dahulu yang anda akan buat drawingnya supaya langsung muncul di kotak dialog open documents. Jika belum ada di kotak dialog silahkan anda browse part modelnya sehingga muncul seperti yang di gambar lalu klik tanda panah diatas. Dan tampilannya akan terlihat seperti dibawah ini.
"Pilihan View"
Pilihlah view yang diberi tanda panah karna kita akan membuat view itu untuk lebih baiknya. selanjutnya tarik view ke arah gambar dan lengkapi semua viewnya. Sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini.
"View Model"

Selanjutnya buat gambaran potongan dengan cara gunakan Section View lalu gerser kursor ke arah view yang akan kita buat section view. Lalu klik ujung garis tengah ke ujung garis tengah view lalu tarik kekanan. Lihat gambar dibawah ini.



"Klik ujung pertama"
"Klik ujung kedua"
Selanjutnya tarik view ke kanan dan klik 1X lagi lalu enter atau klik tanda centang hijau. Sehingga terlihat seperti dibawah ini.

"Hasil Section View"
Selanjutnya kita buat ukuran pada semua view dengan cara:

Klik Annotation pada menu toolbar lalu klik Smart Dimension. Pertama anda kasih ukuran pada view pertama dengan cara klik ujung garis ke ujung garis dan tarik kursor ke kanan. Lihat gambar dibawah.
"Langkah Pertama"


"Langkah Kedua"
"Langkah Ketiga"
Setelah anda mengklik tanda kuning seperti yang digambar maka ukuran otomatis menempatkan diri ke arah kanan. Seperti gambar diatas. (Mengklik tanda kuning diatas harus cepat setelah klik yang kedua karna tanda akan segera hilang)
Selanjutnya lengkapi semua ukuran dengan smart dimension sehingga menjadi seperti ini.

"Hasil Dimensi"
Dan langkah terakhir lengkapi kepala gambar yaitu mengetik nama yang gambar/design, nama drafter, tanggal dan lain lain. Dengan cara seperti berikut.


Klik Note pada toolbar lalu arahkan kursor ke kolom kepala gambar yang akan di isi. Klik 1X lalu ketik nama designer dan seterusnya. Sehingga tamapak seperti ini.

"Kepala gambar"
Dan hasil akhirnya seperti ini.
"Hasil Akhir"
Silahkan nantikan tutorial selanjutnya tentang CAD. Please like my page on facebook before u leave this page. Thanks so much. Semoga bermanfaat.