Cara membuat Rod Cover Dengan SolidWorks - Kursus CAD

Design Your Dream Here !!

Sunday, 26 April 2015

Cara membuat Rod Cover Dengan SolidWorks


"Rod Cover"

Cara membuat Rod Cover Dengan SolidWorks

"New"
Pertama klik tool new untuk memulai gambar baru atau anda bisa membuka tool new dari menu FILE lalu klik new setelah itu akan keluar tampilan seperti dibawah ini.




"New SolidWorks Document"
 Mungkin ada yang belum tau solidworks sebelumnya dan tampilan apa ini atau koq ada pilihan seperti ini tidak pada autocad. Ini adalah tampilan new document dari solidworks yang mana ada tiga pilihan yang ditawarkan di sini yaitu :
1. Part  : Menu ini untuk menggambar part, sebuah mesin atau alat contohnya seperti gunting, gunting itu berdiri dari beberapa part seperti gagang atas, gagang bawah, pisau atas, pisau bawah dan screw. Kira kira ada 5 part yang terdapat pada gunting jika kita bongkar atau urai pada gunting itu. Setiap part itu digambar dari berbeda page dan nantinya akan disatukan dalam page assembly dalam solid work. Nanti saya akan jelaskan dalam article selanjutnya yang menjelaskan tentang Cara Assembly Dengan SolidWorks atau How to assembly part by SolidWorks.
2. Assembly :  Seperti yang telah saya jelaskan, assembly itu adalah menggabungkan 2 part atau lebih menjadi bentuk yang kita inginkan.
3. Drawing : Drawing adalah page atau halaman untuk menggambar drawing 2D dari part atau assembly yang kita gambarkan tujuannya untuk mempersentasikan design kita.

Karna kita ingin menggambar sebuah part maka kita klik part pada New SolidWorks Document. Setelah itu akan ada tampilan kosong seperti dibawah ini.

"New Part"

Untuk lebih mudahnya klik View Orientaion dan pilih front view. Lihat dibawah ini.
"Memilih Front View"
Untuk memastikannya liat sumbunya kalau sumbunya yang terlihat x dan y saja maka benar. seperti gambar yang diatas.

Setelah itu klik Menu sketch dan klik toolbar sketch. Lihat gambar dibawah.

"Sketch Menu"
Lalu akan tampil seperti dibawah ini.

"Front Plane"
Setelah keluar tampilan front plane geser kursor anda ke tengah layar/ruang design sehingga garis front plane berwarna kuning seperti diatas lalu klik satu kali. Sehingga anda selesai memilih sketch dengan front plane/tampak depan. Dan tampilan akan seperti dibawah ini.
"New Sketch (Sketch 1)"

Setelah itu anda klik Rectangle pada toolbar anda. Lalu klik tengah tengah layar/di titik nol sumbu XY. Lalu tarik kekanan dan klik 1X. Sehingga tampilan layar seperti ini.
"Rectangle"

Lalu klik Smart Dimension  pada toolbar. Klik garis salah satu persegi yang telah anda buat lalu geret ke samping dan klik 1X. Lalu masukan ukurannya 30 (30mm) lalu klik tanda centang hijau. Setelah itu klik kembali garis sisi yang lainnya lalu tarik ke samping dan klik 1X dan masukan lagi ukurannya 30 (30mm) lalu klik tanda centang hijau. Maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.
"Persegi 30 x 30 mm"

Setelah itu klik Features dan klik Extrude Boss/Base. Isikan ukuran tinggi extrude seperti gambar dibawah ini. Lalu klik tanda centang hijau di bawah features.

"Rectangle Yang Di Extrude"

Maka akan menjadi seperti gambar dibawah ini. Lalu klik Zoom to fit (letaknya di tengah atas layar dibawah toolbar).
"Setelah di Extrude"

Selanjutnya klik sketch lalu arahkan kursor anda ke tengah depan part sehingga garis sisi depan part berwarna kuning lalu klik 1X. Lihat gambar dibawah ini.
"Sketch 2"
Dan hasilnya seperti ini.
"Setelah Sketch Kedua"
"Cyrcle"
Setelah itu klik Cyrcle pada toolbar lalu arahkan kursor ke tengah tengah depannya part tempat sketch yang barusan kita buat. Lalu klik 1X dan tarik kursor kesamping dan klik 1X (Menarik kursor jangan melebihi lebar/panjang part. Lihat gambar dibawah ini.

"Sketch Cyrcle "

Setelah tampilan jadi seperti gambar diatas klik tanda centang hijau pada feature manager. Setelah itu anda klik Smart Dimension pada toolbar. Lalu klik sketch lingkaran yang baru saja anda buat lalu kursor arahkan kesamping dan klik 1X lalu masukan ukuran lingkaran yaitu 26 (Diameter=26mm) lalu klik tanda centang hijau. Lihat gambar dibawah ini.

"Memberi ukuran sketch lingkaran"
Selanjutnya kita tengahkan sketch lingkaran dengan cara klik garis lingkaran/klik titik center lingkaran lalu klik garis sisi depan (Garis 1) lalu masukan ukurannya 15 (15mm) dan klik lagi garis lingkaran/klik titik center lingkaran lalu klik garis sisi depan (Garis 2) lalu masukan ukurannya 15 (15mm). Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

"Sketch Lingkaran yang telah diberi ukuran"
Jika garis lingkaran berwarna hitam dan ukuranya berwarna hitam juga maka benar. Garis lingkaran yang berwarna hitam maksudnya sketchnya telah terkunci dan tidak bisa di edit lagi.
 
Setelah itu klik Features Lalu klik Extrude Boss/Base. Dan masukanlah ukuran (Depth) extrude yaitu 13 (13mm) lalu klik tanda centang warna hijau. Lihat gambar dibawah dan lihat petunjuk pengisian parameter extrude digambar bawah pada Design Features Manager.

"Extrude Lingkaran"


Klik Sketch lagi lalu arahkan kursor di depan part ditengah tengah lingkaran yang baru kita extrude tadi sehingga garis pada lingkaran tampak kuning lalu klik 1X. Lihat gambar.
"Sketch 3"
Dan hasilnya seperti gambar ini.
"Penjelasan Sketch"
"Cyrcle"

Lalu klik Cyrcle pada menu toolbar dan arahkan kursor ke tengah sketch yang barusan kita buat atau arahkan ke titik center sketch lalu klik 1X setelah itu geser kesamping dan klik 1X (lingkaran jangan melewati benda supaya mempermudah dalam memberi ukuran). Lihat gambar.

"Lingkaran Pada Sketch 3"
 
Setelah itu beri ukuran sketch pada lingkaran dengan cara klik Smart Dimension setelah itu klik lingkaran yang baru kita buat dan klik garis lingkaran sisi depan part (Garis 1). Lihat pada gambar.
"Memberi Dimensi Pada Lingakaran"
Setelah itu arahkan dimensi lingkaran tegak lurus seperti gambar diatas lalu klik 1X dan masukan ukurannya 0 (Nol). Tujuannya supaya lingkaran tepat pada titik 0 lingkaran part. Selanjutnya beri ukuran sisi selanjutnya dengan cara klik lingkaran lagi dan klik garis lingkaran sisi part (Garis 1). dan arahkan kursor tegak lurus ke arah sumbu X . Lihat gambar.
"Memberi Dimensi Pada Lingkaran"
Setelah itu klik 1X dan masukan ukuran 0 (Nol) lalu enter. Selanjutnya beri ukuran lingkaran dengan cara klik lingkaran dan geret kursor dan klik 1X dan masukan ukurannya 12 (12mm). Lihat gambar Setelah diberi dimensi dibawah.
"Hasil Memberi Dimensi"

Selanjutnya klik menu Extrude Cut lalu pilih parameter yang di inginkan. Lihat gambar dibawah.

"Penjelasan Extrude Cut"
Setelah parameter dan tampilan seperti gambar diatas klik tanda centang hijau pada design features manager. Dan hasilnya seperti gambar dibawah.
"Hasil Extrude Cut"
Dan selanjutnya kita akan membuat lubang di bagian atas kotak yang telah kita buat pada sketch 1. Caranya yaitu :

Klik sketch pada menu toolbar lalu arahkan kursor ke atas kotak/bangun persegi sehingga tampak garis berwarna kuning lalu klik 1X. Lihat gambar.
"Sketch 4"
Dan hasilnya seperti ini.
"Penjelasan Sketch 4"
"Cyrcle"

Selanjutnya anda klik Cyrcle pada toolbar dan arahkan pada tengah tengah sketch yang barusan dibuat lalu klik 1X. Lalu tarik kesamping lingkarannya lalu klik 1X. Lihat gambar dibawah.

"Sketch Lingkaran"
 
Selanjutnya anda klik smart dimension  lalu klik lingkaran dan masukan ukurannya 9.5 (9,5mm) lalu enter/klik tanda centang hijau. Setelah itu kasih ukuran dengan garis samping sisi pesegi seperti yang diatas. Yaitu dengan cara jika masih dalam menu smart dimension langsung saja klik lingkaran yang baru saja di buat lalu klik panjang dari persegi part lalu tarik kesamping dan masukan nilainya yaitu panjang : 2 = 15 (30 : 2 = 15mm). Lalu enter. Dan kasih ukuran sisi selanjutnya klik lingkaran dan klik lagi garis sisi lebar dan klik 1X. Lalu kasih ukurannya yaitu lebar : 2 (15 : 2 = 7.5mm) dan lalu enter atau klik centang hijau. Lihat gambar dibawah.
"Gambar setelah diberi dimensi"

Selanjutnya klik Features dan klik Extrude Cut dan isikan ukurannya 5.8 (5,8mm) pada Design Features Manager. Lalu klik centang hijau.

"Extrude Cut 2"
Dan hasilnya seperti dibawah ini.
"Hasil Extrude Cut"
Selanjutnya kita akan menggunakan menu Fillet untuk memfillet sisi kotak persegi tapi sebelum itu kita tampakkan part model menjadi hidden yaitu dengan cara :
Klik Hidden Lines Visible sehingga part tampak hide dan hanya keliatan garisnya. Lihat gambar dibawah.

"Hidden Lines Visibles"

Selanjutnya klik Fillet pada menu toolbar. Lalu pilih garis garis yang akan di fillet dan isilah ukuran fillet yang ada inginkan di Features Manager. Lalu klik tanda centang hijau.

"Keterangan Fillet"
Untuk melihat hasil yang nyata maka kliklah Shaded With Edges. maka tampilannya seperti digambar.

"Hasil Fillet"
Selanjutnya klik Chamfer pada toolbar. Jika anda bingung mencari toolbarnya kliklah tanda panah kecil dibawah icon fillet maka akan muncul menu Chamfer. Jika anda telah klik Chamfer maka kliklah garis yang akan anda chamfer dan isilah ukurannya yaitu 1 (1mm). Lihat gambar dibawah.
"Penjelasan Chamfer"
Dan hasil dari chamfernya yaitu. Lihat gambar dibawah.
"Hasil Chamfer"

Selanjutnya klik Chamfer lagi lalu klik sisi garis lubang pada sketch 4. Dan masukan ukurannya yaitu 0.5 (0,5mm) dan pilih parameter yang harus dipilih lalu klik tanda centang hijau. Lihat gambar dibawah.
"Chamfer"
Dan hasil chamfernya yaitu. Lihat gambar dibawah.
"Hasil Chamfer dan Hsil Akhir"
Inilah hasil dari gambar design Rod Cover :

"Hasil Gambar Rod Cover Dengan SolidWorks

 Video Tutorial Membuat Rod Cover Dengan Solidworks


 


Jangan lupa like fans page di facebook dan saksikan tutorial selanjutnya.